Layar HP Ada yang Aneh? Yuk Kenali 8 Ciri Ciri LCD HP Rusak

Layar HP Ada yang Aneh? Yuk Kenali Beberapa Ciri LCD HP Rusak – Dulu HP hanya memiliki layar seukuran foto kerja, 3×4 atau 4×6. Namun, berbekal dengan kemajuan teknologi hampir semua HP modern mengusung tema layar sentuh atau yang biasa disebut touchscreen.

Ciri Ciri LCD HP Rusak

Bahkan, pada produk terbaru juga mengusung full layar, tanpa tombol sama sekali. Dari segi penampilan memang sangatlah bagus dan memuaskan penggunanya.

Tapi, model seperti ini lebih rawan terhadap kerusakan LCD. Kira-kira apa saja sih ciri-cirinya? Yuk, kenali lebih detail beberapa ciri ciri LCD HP rusak berikut ini.

8 Ciri-Ciri LCD HP Rusak yang Paling Sering Tampak

1. Kursor Bergerak Sendiri

Salah satu ciri-ciri layar LCD HP rusak yaitu melakukan pergerakan sendiri (ghost touch). Pergerakan ini umumnya tidak terkontrol sehingga cukup menyulitkan pengguna.

Bahkan, pergerakan ini menjadikan smartphone tidak melakukan instruksinya. Misalnya Anda mengetik huruf “A” tetapi outputnya malah “R”. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya overheating atau pelindung layar kotor.

2. Sensitivitas Layar Sentuh Berkurang

Pada beberapa kasus, kerusakan LCD ditandai dengan menurunkan responsifitas layar sentuh. Kondisi ini akan memperlama dalam beraktivitas, apalagi jika digunakan untuk mengetik.

Masalah LCD rusak ini bisa diatasi dengan melakukan kalibrasi touch sreen. Selain itu, bisa juga dengan mengistirahatkan sejenak ponsel karena penurunan kepekaan ini bisa juga disebabkan oleh aktivitas berlebihan pada perangkan.

3. Touchscreen Mati Sebagian

Ciri-ciri LCD rusak lainnya yaitu touchscreen mati sebagian. Hal ini ditandai dengan tidak berfungsinya sentuhan pada salah satu sisi layar.

Kerusakan ini bisa disebabkan karena ponsel terjatuh atau tertindih. Sebaiknya kondisi ini segera diatasi karena berpotensi pada kerusakan total.

4. Layar Bergaris

Layar bergaris merupakan salah satu ciri kerusakan LCD paling terlihat. Kerusakan ini biasanya terjadi akibat ponsel terjatuh sehingga terjadi keretakan di dalam dan menghasilkan garis-garis pada layar.

Umumnya, garis-garis ini tidak membesar ataupun memengaruhi kinerja perangkat. Oleh karena itu, tak sedikit para pengguna mengabaikannya. Padahal kondisi ini dapat berpengaruh pada visualisasi gambar yang dihasilkan.

5. Muncul Bintik-Bintik pada Layar

Sama seperti pada ciri sebelumnya, bintik-bintik pada layar ini merupakan kerusakan LCD yang permanen. Biasanya, kerusakan ini disebabkan karena ponsel jatuh da nada sedikit retakan.

Jika tidak segera diperbaiki, maka kerusakan ini bisa menyeba, apalagi jika terkena tekanan. Bintik-bintik ini bisa berupa bintik hitam maupun putih.

6. LCD Burn in

LCD Burn in merupakan salah satu ciri kerusakan LCD yang cukup langka. LCD burn ini berarti layar ponsel telah terbakar, bisa disebabkan oleh overheating.

LCD burn in ini ditandai dengan penurunan warna pada layar dimana layar terlihat lebih redup dan timbul bayangan sehingga gambar tumpang tindih.

7. Layar Retak atau Pecah

Ciri-ciri kerusakan LCD HP lainnya yang sangat terlihat jelas yaitu layar retak atau pecah. Pada beberapa kasus, Android yang pecah hanya pada bagian layarnya dengan kondisi LCD masih baik-baik saja sehingga gambar tetap terlihat dengan baik hanya saja terhalang oleh garis-garis pecahan.

Namun, jika layar retak atau pecah ini tidak segera diganti maka dapat berpotensi merusak LCD karea kaca yang pecah tersebut berbatasan langsung sehingga bisa menggoresnya.

8. Blank

Tampilan Android menjadi blank merupakan ciri-ciri bahwa LCD sudah rusak total. Oleh karena itu, layar tidak bisa menampilkan gambar apapun selain warna putih atau hitam secara keseluruhan.

Nah, itulah tadi beberapa ciri LCD HP rusak untuk dijadikan sebagai referensi. Kerusakan LCD merupakan salah satu bentuk kerusakan yang sangat terlihat. Intinya, jika kondisi LCD tidak seperti biasanya, baik pada tampilan atau sensitivitas touchscreennya, bisa dipastikan telah rusak.

Recommended For You