Coba! 5 Cara Menghilangkan Virus Iklan Di Hp Android Yang Efektif

5 Cara Menghilangkan Virus Iklan Di Hp Android Yang Efektif – Sebagai pengguna Hp Android pastinya pernah merasa terganggu dengan kemunculan pop up iklan yang tiba-tiba saat Hp digunakan.

Waspadalah jika sering mengalami hal ini, karena itu bukanlah iklan biasa tapi virus iklan atau adware Hp android. Jika terlalu sering kemunculan virus iklan ini pasti sangat mengganggu untuk itu penting mengetahui cara menghilangkan virus iklan di android. Ini langkah-langkahnya:

1. Periksa Aplikasi Manager

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa aplikasi manager yang menyimpan semua data aplikasi yang terinstall pada hp android.

Periksa dengan teliti aplikasi apa saja yang sudah terinstall di sana terutama aplikasi asing yang tidak diinstall dengan sengaja. Memang harus berhati-hati saat menginstall aplikasi apalagi yang didapat secara gratis.

Virus iklan adware bisanya tersembunyi di dalam sistem atau aplikasi yang terinstall di dalam hp android. Maka dari itu periksa dengan teliti aplikasi-aplikasi yang ada pada aplikasi manager dan teliti mana aplikasi asing yang tidak dikenali.

2. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Dikenali

Hentikan semua aplikasi yang berhubungan dengan internet seperti uc browser, internet explorer, 9apps dan lainnya. Selain aplikasi-aplikasi tersebut tutup juga aplikasi asing yang tidak dikenali, biasanya bukan aplikasi sistem tapi aplikasi asing gratis.

Kemudian uninstall semua aplikasi yang paling akhir terinstall, ingat-ingat sejak kapan gejala virus iklan muncul. Uninstall semua aplikasi-aplikasi yang paling akhir di download dan diinstall, tapi tetap harus berhati-hati dalam menghapus.

Jangan sampai aplikasi yang merupakan bagian dari sistem terhapus, ini adalah salah satu cara menghilangkan virus iklan di android.

3. Hapus Junk File Pada Hp

Cara lainnya yang bisa menghindarkan hp android dari virus iklan adalah dengan menjaganya tetap bersih dari sampah. Untuk itu hapus junk file pada hp untuk menjaganya tetap bersih dari file-file asing atau file sampah yang mengganggu.

Dengan selalu menjaga hp android dalam keadaan bersih tanpa junk file maka akan menghindarkan hp android dari virus iklan yang mengganggu.

Ini menjadi salah satu cara menghilangkan virus iklan di android yang efektif. Selalu bersihkan hp dari junk file secara berkala, agar hp android tetap bersih dan bisa berjalan normal.

4. Coba Gunakan Safe Mode

Cara lain menghilangkan virus iklan hp android adalah dengan mencoba menggunakan safe mode untuk hp android. Langkah pertama masuk ke dalam safe mode agar aplikasi yang terinstall selain sistem menghilang, ini akan mengeliminasi sumber virus.

Safe Mode Android

Setelah hp android dalam keadaan safe mode, periksa kembali karena terkadang virus terinstall sebagai sistem. Periksa kembali satu per satu dan uninstall aplikasi yang mencurigakan untuk menghilangkan virus. Setelah uninstall lakukan restart agar hp android bisa berfungsi seperti semula.

5. Gunakan Anti Virus

Ketika sudah menggunakan berbagai metode tapi virus iklan tetap saja masih muncul, maka artinya hp android membutuhkan anti virus. Gunakan anti malware sebagai anti virus yang menjaga Hp android dari virus iklan yang sering muncul di hp android.

Install anti virus malware di hp android dan lakukan scan pada sistem dan semua aplikasi yang ada di dalam Hp. Setelah itu ikuti tindakan yang direkomendasikan oleh malware, biasanya akan direkomendasikan untuk menghapus file yang dicurigai virus.

Baca juga :

Demikianlah cara menghilangkan virus iklan di android yang bisa dicoba sendiri di rumah. Dengan melakukannya virus iklan atau adware yang ada pada hp android akan bersih dari virus iklan atau adware.

Pengguna hp android pun akan nyaman menggunakan Hp-nya tanpa gangguan pop up iklan yang kemunculannya sangat sering dan mengganggu.

Recommended For You