Efektif! Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android Bermasalah

Terbukti Efektif! Ini Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android yang Bermasalah – Pernah nggak HP saat dicahrge notifikasinya full tapi dipakai belum lama langsung peringatan low dan baterai tiba tiba habis? Atau indikator baterai masih setengah tapi beberapa menit kemudian mati kehabisan baterai?

Cara Memperbaiki Indikator Baterai Android Bermasalah

Nah, jika kondisi HP Anda baik-baik saja, masalah ini sebenarnya terjadi pada indikatornya. Kondisi indikator baterai bermasalah ini membuat penggunanya sering terkecoh sehingga Adroid mati pada waktu yang kurang tepat. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut cara memperbaiki indikator baterai Android yang bermasalah untuk menstabilkan baterai Android.

3 Cara Mudah Memperbaiki Indikator Baterai Android yang Bermasalah

Cara Memperbaiki Indikator Baterai Bermasalah Melalui Recovery Mode

Pertama masuklah ke menu Mode Recovery dengan menekan tombol power dan volume up (+) secara bersamaan, tahan hingga muncul menu Recovery Mode.

Setelah itu, pilih menu Advance Section dengan menekan tombol volume untuk pergerakan kursor. Volume up untuk menggerakkan kursor ke atas dan volume down untuk bergerak ke bawah.

Selanjutnya, pilih opsi Hapus Statistik Baterai (Wipe Battery Stats) dan kembalilah ke menu awal dengan mengklik back.

Kemudian, lakukan restart perangkat dan gunakan ponsel sampai baterainya habis. Langkah terakhir yaitu lakukan pengisian hingga full charge (100%).

Pada cara ini, untuk memasuki mode recovery setiap perangkat berbeda-beda, meskipun secara umum menggunakan cara di atas. Pada beberapa perangkat, ada juga yang menggunakan kombinasi tombol home dan volume up atau tombol home, power dan volume up.

Selain itu, ada juga yang menggunakan tombol kombinasi dengan volume down.

Untuk lebih pastinya, sebaiknya sebelum melakukan kalibrasi cari tahu terlebih dahulu cara masuk menu recovery pada Adnroid Anda.

Cara Memperbaiki Indikator Baterai Bermasalah Melalui Kalibrasi Manual

Langkah pertama yaitu membiarkan baterai ponsel terpakai sampai habis dengan sendrinya. Jangan discharge meskipun sudah ada peringatan baterai lemah hingga 2%.

Setelah baterai benar-benar kosong, charging HP hingga full (100%). Lakukan pengisian dalam keadaan mati dan jangan dicabut jika belum 100%.

Selanjutnya gunakan HP seperti biasanya hingga baterai habis total baru discharge dan lakukan pengisian pada langkah kedua sebagai bentuk kalibrasi terakhir. Setelahnya, ponsel dapat digunakan dan discharge seperti biasanya.

Cara Memperbaiki Indikator Baterai Bermasalah Menggunakan Aplikasi Battery Calibration

  1. Pertama-tama donwloadlah aplikasi Battery Callibration terlebih dahulu pada Google Playstore.
  2. Setelah itu, pasang aplikasi pada perangkat Android.
  3. Selanjutnya, isilah daya baterai hingga 100%.
  4. Kemudian masuklah ke aplikasi Battery Calibration.
  5. Langkah selanjutnya pilih dan klik Battery Calibration dan tungulan hingga proses kalibrasi selesai yang ditandai dengan munculnya notifikasi Calibration succeeded.
  6. Setelah itu, klik OK untuk mengakhiri proses kalibrasi.
  7. Untuk memaksimalkan kalibrasinya, langkah terakhir yaitu menggunakan perangkat hingga baterainya habis dan kemudian mengisi ulangnya hingga 100%. Pastikan saat mengisi ulang Android dalam keadaan mati dan tidak digunakan beraktivitas.

Saat menggunakan cara terakhir ini, Anda harus memastikan bahwa Android telah diroot karena aplikasi ini membutuhkan akses root untuk dijalankan.

Keunggulan dari aplikasi Battrey Calibration adalah ukurannya yang super compact sehingga tidak memengaruhi penggunaan RAM. Selain Battery Calibration, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi CurrentWidget Battery.

Baca juga : 5 Aplikasi Penghemat Baterai Xiaomi Terbaik 100% Ampuh

Setiap perangkat tentu memiliki spesifikasi dan ketahanan berbeda. Namun, umumnya hampir semua Android memiliki permasalahan yang sama, hanya saja terdapat perbedaan waktu.

Untuk mencegah terjadinya masalah pada indikator baterai sebaiknya lakukan kalibrasi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

Recommended For You